Home » , » Objek Wisata Di Merangin Jambi

Objek Wisata Di Merangin Jambi

Kota Bangko adalah merupakan dari ibu kota Kabupaten Merangin, provinsi Jambi. Sebuah kota kecil yang terletak di pinggir jalan Nasional Lintas Sumatera atau sekitar 300 km arah barat dari kota Jambi.

Nah, di kota Bangko ini Anda akan menemukan sebuah restoran unik bernama Restoran Kereta Api Koim. Dan sebelah baratnya lagi ada sebuah bukit yang di kenal dengan Jam Gento. Sesuai dengan namanya, restoran ini bernuansa stasiun kereta api tua. Nah, restorannya sendiri terdiri dari dua gerbong lokomotif uap era abad ke 18 dan ruang masinis yang disulap menjadi kasir.

Nama Koim berasal dari nama A Rohim pemilik dari restoran tersebut. Menurut Rohim, keunikan restoran ini terletak pada keindahan alam yang bisa dinikmati oleh para pengunjung, mereka bisa menikmati lezatnya makanan khas kota Jambi di peron stasiun tua sambil menikmati panorama alam aliran dua sungai besar yaitu Sungai Merangin dan Muara Mesumai.

Menu Restoran Kereta Api Koim sangat beragam, mulai dari hidangan khas Jambi dan Palembang seperti sambal tempoyak, pempek, pindang patin, dan belida atau menu biasa seperti nasi goreng dan makanan laut yang bisa disajikan sesuai pesanan. Sedangkan untuk harga dipastikan terjangkau untuk siapa saja.

Bagi kamu petualang wisata kuliner, Restoran Kereta Api Koim di Ujung Tanjung, Muara Mesumai, Bangko adalah tempat yang cocok untuk dapat menikmati sensasi baru yaitu makan di atas lokomotif uap tua disertai dengan pemandangan alam yang indah.

ARUNG JERAM SUNGAI MANAU

Setempat di desa Air Batu 30 Km dari kota Bangko, lokasi ini sudah dua kali diadakan lomba arung jeram tingkat nasional, keunikn dan keindahannya membuat asyik dan kepuasan tersendiri. Bagi para Pecinta olah raga arung jeram disini sangat menantang dan berbahaya, batu-batunya besar, airnya deras dan berombak, medannya cukup panjang.

AIR TERJUN

Air Terjun Sigerincing.
Air terjun Sigerincing berada si Desa Dusun Tuo Kecamatan Muara Siau yang berhulu di Gunung Masurai. Ketinggian air terjun ini + 62 M dan lebar pancurannya + 3,4 M. Di dasar Air Terjun ada pelataran tempat mandi, percikan airnya berembun seperti asap warna putih yang terbang mencapat ketinggian 50 meter.
Untuk turun ke Pelataran Mandi di lokasi ini, Pemerintah Kabupaten Merangin telah membangun tangga beton sepanjang 150 meter.

Air Terjun Sungai Tuak.
Air terjun sungai tuak ini berlokasi di kebun karet masyarakat di desa biuku tanjung 15 Km dari kota Bangko. Tinggi air terjun tersebut hanya 10 meter, didasar air terjun cukup batas, indah dan mengasyikkan bagi yang mandi di lokasi air terjun ini.
Banyak dikunjungi oleh pasangan muda mudi. Untuk mencapai ke lokasi ini bisa menggunakan kendaraan roda empat.

Air Terjun Talang Paruh. Tidak jauh dari lokasi air terjun sigerincing terdapat air terjun Talang Paruh yang mempunyai nuansa Panorama yang berbeda dan memiliki keunikan tersendiri karena air mengalir dengan belatar belakang batuan beku.

Air Terjun Sungai Keruh.
Terletak di Desa Sungai Pinang Kecamatan Sungai Manau. Di samping keindahan panorama alamnya pada bagian hulunya terdapat Goa Sengayau.

Air Terjun Sungai Piul.
Terletak di Kota Bangko. salah satu keunikannya adalah daerah sekitar air terjun ini merupakan tempat pengembangan tanaman langka dan pedagang makanan dan minuman setempat yang menyajikan aneka makanan khas daerah yang diwarnai suasana alam sekitarnya.

Air Terjun Telun Perentak.
Air terjun telun perentak terletak di desa perentak Kecamatan Sungai Manau 46 Km dari Kota Bangko, keindahan air terjun ini karena bertingkat-tingkat sampai 10 tingkat sepanjang 150 meter. Air terjun ini dihiasi oleh bukit batu dan hutan lebat. Lokasi ini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal. Pengunjung hany bisa berada di puncak Air Terjun sedangkan dasarnya curam dan dalam serta semak belukar.
Share this article :

4 komentar:

  1. lagi browsing tentang wisata di kota bangko - merangin. Saya sendiri orang mendalo (ma..Jambi) bulan depan ingin ke bangko siapa tau saya bisa mengunjungi beberapa objek wisata disana. terimakasih untuk artikelnya yang bagus, akan lebih menarik lagi jika disertai dengan foto :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih atas kunjungannya,...
      dan makasih, masukannya,...

      Delete

Silahkan Tinggalkan Komentar, dan mari kita jalin silaturahmi walau hanya melalui blog ini...
Maturnuwun,...

Pupular Minggu Ini

 
Support : My site | My Link | My Link
Copyright © 2013. Pamenang Selatan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kentkend
Proudly powered by Blogger