Kegiatan budidaya ikan air tawar merupakan salah satu kegiatan perikanan di masyarakat Indonesia, bahkan khususnya di daerah Pamenang Selatan dan Merangin. Budidaya yang telah lama berkembang ini dan sekarang Di Pamenang selatan merupakan yang pertama kali ada. Pada awalnya kegiatan budidaya ikan air tawar merupakan kegiatan sampingan yang dikerjakan disela-sela waktu melakukan kegiatan mata pencahariannya. Sebagian besar kegiatan budidaya pada waktu itu hanyalah untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Kegiatan budidaya yang dilakukan pun masih sederhana dengan pemberian pakan seadanya dan tanpa pengelolaan yang berarti.

Pada saat awal kemunculannya perikanan budidaya ikan air tawar sebagian besar terletak di halaman pekarangan rumah pembudidaya. Pada saat itu, belum berkembang berbagai macam teknologi budidaya air tawar. Bahkan saat itu para pembudidaya hanya mengenal kegiatan budidaya ikan air tawar yang dilakukan dengan wadah kolam tanah.

Seiring dengan perkembangan teknologi perikanan budidaya air tawar. Kini muncul banyak metode dalam melakukan kegiatan budidaya ikan air tawar. Tidak hanya berupa kolam tanah. Kini kolam sudah berkembang menjadi kolam dengan bak semen/beton, kolam terpal, dan kolam air deras dengan pemeliharaan ikan kepadatan tinggi. tidak hanya itu, saat sekarang teknik budidaya kolam dapat pula dilakukan di sumber perairan langsung seperti pembudidayaan yang dilakukan di sungai, danau, waduk dan sawah.

Di perairan sungai dan waduk/danau kini berkembang budidaya perikanan budidaya ikan air tawar dengan metode karamba yang menggunakan bahan bambu ataupun kayu yang dibentuk menyeruapi kotak dan sebagian ditenggelamkan ke air. Selain itu, juga berkembang metode jaring apung yang menggunakan jaring dan drum sebagai pengapung. Bahkan kini berkembang pula metode pemeliharaan menggunakan karamba jaring tancap dengan biaya produksi yang lebih rendah dibandingkan metode jaring apung.

Lama sudah berkembang perikanan budidaya air tawar kini berkembang banyak sentra-sentra kegiatan budidaya air tawar. Tidak hanya skala rumah tangga, para pengusaha pun ikut berkecimpung untuk berusaha pada kegiatan budidaya air tawar.

Karena bagusnya prospek budidaya ikan air tawar, maka kamipun menyediakan berbagai benih ikan. Lebih lengkapnya, silahkan klik di sini.