Home » » Cara membasmi Lalat Dengan Obat Pembasmi lalat

Cara membasmi Lalat Dengan Obat Pembasmi lalat

Lalat adalah salah satu hama/serangga terbang yang cukup penting untuk dikendalikan. Di samping menganggu kenyamanan hidup manusia, lalat bisa menularkan beberapa penyakit seperti diare, disentri, kolera, tipus, cacing dan lain-lain. Maka dari itu diperlukan obat pembasmi lalat yang mampu mengendalikan lalat secara menyeluruh dengan harga yang sangat murah.
Ada 2 (dua) cara pengendalian lalat :
   Non-kimiawi : tanpa racun serangga
   Kimiawi         : pakai racun serangga
   Pengendalian Non-Kimiawi
Untuk mencegah pertambahan populasi lalat, yang utama adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan kandang dan tempat-tempat sampah diusahakan selalu bersih dan diikuti dengan menutup semua akses masuknya lalat ke dalam bangunan apa saja dengan pemasangan kawat kasa nyamuk, tirai plastik atau tirai angin di pintu-pintu utama bangunan. Bisa juga dengan memasang alat perangkap lalat dengan “black light” (sinar ultra violet dengan panjang gelombang 365) dilengkapi dengan perangkap daya tarik (attractan atau pheromone) dicampur dengan lem (glue trap) yang tahan kering.


Pengendalian Lalat Secara Kimiawi
Menggunakan trilogi "OBAT PEMBASMI LALAT", yaitu :
1. Racun serangga (insektisida) untuk membunuh lalat dewasa dengan disemprotkan ke lalat. Seyogyanya penyemprotan dilakukan pada malam hari di tempat lalat biasa tidur. Yang sudah biasa kami lakukan di kandang adalah dengan membuatkan tempat tidur lalat berupa sangkar bekas ditancapkan berdiri di halaman antar kandang, memanjang setinggi 50-60 cm. Bahkan, rumput di tengah halaman antar kandang tidak dipotong sehingga menyerupai jambul rambut atau rambut model “mo hawk”. Untuk merangsang supaya lalat mau tidur di tempat tsb, sangkar bekas dan jambul “mo hawk” tadi bisa disemprot pakai air gula 2 – 4%. Penciumanan lalat punya sensitifitas terhadap gula bisa seratus kali lebih peka daripada penciuman manusia. Setelah dilakukan penyemprotan air gula 2-4% beberapa kali, lama-lama lalat terbiasa tidur di “hotel” yang kita sediakan. Sehingga saat kita menyemprotkan insektida akan lebih efektif kena sasaran lalat, hemat waktu, tenaga dan biaya. Insektisida yang saya gunakan isinya Sipermetrin 25%, merk Bentacide 250 EC. Harganya sangat murah, hanya 60% dibanding merk lain yang isinya sama . Dosisnya cukup 1 : 200 (= 5 ml per 1 liter air). Efek kerjanya, bisa mematikan lalat seketika bila kena semprot (knock down effect). Bentacide 250 EC sangat ampuh sebagai obat pembasmi lalat tapi aman bagi manusia dan ternak.
   

2.     Tidak semua lalat yang disemprot pada malam hari kemarin mati, maka pada pagi hari besuknya antara pukul 06.00 – 07.00 waktu setempat, perlu obat pembasmi lalat dengan insektisida yang berbentuk tabur dimana pada pagi hari lalat perlu mencari makan. Makanya disediakan makanan yang disukai lalat tapi diberi racun sistemik. Nama obatnya adalah Insektab 1 WP, isinya Imidakloprit 1%, bentuk butiran, siap ditaburkan di baki plastik, diletakkan di tempat banyak lalat. Terutama di sepanjang lorong/lantai kerja di bawah tempat pakan ayam. Bila lorong/lantai kerja dibuat dari beton cor, tinggal membasahi dengan uap air pakai semprotan gendong. Bila lorong/lantai kerjanya dari kayu, maka perlu dipasangi guntingan terpal selebar 5 – 7 cm, sepanjang lorong/lantai kerja. Dosisnya, 1 kg Insektab 1 WP bisa ditaburkan sepanjang 100-150 meter. Residu obat ini bisa bertahan selama 2 – 3 minggu. Diulang setiap minggu. Bisa juga diaplikasikan secara oles seperti orang mengecat. Caranya, Insektab dicampur dengan air secukupnya sambil diaduk menjadi kental seperti cat. Kemudian dioleskan di tempat yang banyak lalat tetapi jangan kena matahari langsung agar tidak cepat kering. Bila obat yang dioleskan kering, bisa disemprot air sedikit pakai sprayer tangan atau semprotan gendong, maka akan efektif lagi.


3. Racun larvasida untuk membunuh larva lalat (belatung) di tempat penimbunan sampah organik atau di tempat perkembang-biakan lalat di kotoran ayam atau hewan ternak yang lain. Calon lalat (telur, larva dan pupa) justru populasinya 80% dari total populasi lalat. Larvasida yang efektif untuk membasmi larva adalah Deo Larvanik. Isinya asap cair dan sari tembakau dan Permetrin. Campuran obat ini bisa memberikan efek residual selama 2 (dua) bulan. Dosisnya 20 ml per liter air, disemprotkan ke permukaan kotoran ayam atau sampah seluas 10 – 20 m-2. Untuk kotoran yang basah, dosisnya dua kali lipat. Penyemprotan dilakukan secara rutin, 2 (dua) kali per minggu.
 
source; http://www.obat-pembasmi-lalat..com./
Share this article :

2 komentar:

  1. Klau utk kecoa jerman atau kecoa amerika. Kira2 ampuh gk?? Atau utk nyamuk

    ReplyDelete
  2. Bisa gk klau d gunakan utk mebasmi kecoa jerman sm kecoa amerika?? Dan bisa jg gk utk mebasmi nyamuk??

    ReplyDelete

Silahkan Tinggalkan Komentar, dan mari kita jalin silaturahmi walau hanya melalui blog ini...
Maturnuwun,...

Pupular Minggu Ini

 
Support : My site | My Link | My Link
Copyright © 2013. Pamenang Selatan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kentkend
Proudly powered by Blogger