Home » , » Beternak Dan Merawat Ayam Ketawa

Beternak Dan Merawat Ayam Ketawa

Ayam  ketawa tergolong dari beberapa jenis ada yang bersuara pelan atau slow, ada yang bersuara cepat dan ada yang bersuara pendek. Ayam ketawa pun termasuk ayam yang di konteskan. Sekarang saya akan memberikan beberapa tips yang bisa di gunakan agar ayam ketawa dapat bersuara lebih panjang. Yaitu  dengan cara dilatih sejak dini.
Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam merawat ayam ketawa agar semakin gocor dan mengalun merdu, yaitu :
    1. Penjemuran
    2. Pemberian pakan yang berkualitas
    3. Pemberian minum yang pas
    4. Memandikan ayam ketawa

1. PENJEMURAN

    Dalam penjemuran Ayam Ketawa yang harus kita perhatikan adalah lamanya penjemuran dan waktu yang tepat. Usahakan menjemur ayam di tempat yang angin bertiup lancar/tempat yang lapang. Waktu penjemuran yang tepat pada waktu pagi hari, kurang lebih jam 06.30 sampai jam 08.30 (kurang lebih 2 jam).

2. PEMBERIAN PAKAN YANG BERKUALITAS
    Setelah Ayam Ketawa kita jemur, jangan langsung kita beri minum, tetapi cukup kita beri makan saja.Untuk pemberian pakan saya sudah punya komposisi yang sudah terbukti bisa membuat suara ayam ketawa beratmbah merdu, adapun komposisi pakannya ( untuk ayam dewasa ) yaitu 5 takar beras merah, 3 takar gabah bangkok, 2 takar jagung gilling, 1 takar ketan hitam, dan 1 takar voer. Sedangkan untuk anakan ayam, takaran voernya bisa kita samakan dengan takaran beras merahnya.


3. PEMBERIAN MINUM YANG PAS
    Pemberian minum yang pas artinya volume air yang kita berikan dan waktunya harus tepat. Seperti yang sudah tertulis di atas, pemberian minum jangan sampai ayam setelah dijemur langsung kita beri minum, tetapi tunggu sampai kurang lebih 2 atau 3 jam setelah penjemuran. Volume air untuk minum ayam jangan terlalu over, usahakan jangan sampai meneggelamkan seluruh paruh, karena bila paruh sampai tenggelam seluruhnya akan mengakibatkan ada air yang masuk ke hidung ayam, bila air masuk ke hidung bisa mengakibatkan ayam menjadi pilek.

4. MEMANDIKAN

    Dalam hal memandikan ayam ketawa tidak ada hal yang khusus, artinya cukup kita mandikan sepeti memandikan ayam yang lain. Usahakan jangan terlalu basah kuyup dan diangin-anginkan setelah ayam selesai dimandikan. Untuk memandikan cukup 2 kali dalam satu minggu.

Setelah 4 hal di atas kita lakukan, silakan bedakan kualitas kokok ayam ketawa anda.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar, dan mari kita jalin silaturahmi walau hanya melalui blog ini...
Maturnuwun,...

Pupular Minggu Ini

 
Support : My site | My Link | My Link
Copyright © 2013. Pamenang Selatan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kentkend
Proudly powered by Blogger